Halaman

follower : pengikut : melui

Rabu, 03 Juli 2013

Sepatu Lari Yang Baik


Beragam sepatu lari telah tersedia selama sembilas tahun terakhir. Beberapa sepatu dilengkapi dengan kantung-kantung udara dan irisan-irisan busa dan sebagian sepatu tidak menggunakan lidah. Apakah ebanyakan sepatu yang tersedia saat ini hanya menawarkan bentuk ataukah ada beberapa konsep biofisika yang nyata?

Penjelasan

Pelari membutuhkan sepatu yang baik untuk memperoleh kenyamanan yang maksimal dan hasil lari yang lebih baik. Sepatu lari yang baik memenuhi dua fungsi utama: yaitu menghasilkan gesekan dengan tanah untuk mencegah terpeleset ke depan atau ke belakang, dan menambah gaya pegas pada sepatu yang secara ideal berperan sebagai  perpanjangan tendon Achiles. Ganngguan yang menyebabkan salah satu dari kedua fungsi ini tidak berjalan sebagai mestinya berarti sebagian energi si pelari tidak bisa menggerakkan kaki dan tubuhnya seperti yang dikehendaki, atau dalam bahasa sehari-harinya, sebagai energi terbuang percuma.
Ketika kaki depan menyentuh tanah, sepatu yang baik tidak hanya mengalami kompresi selama selang waktu yang diinginkan, tetapi juga bisa meregang kembali kebentuk semula dalam selang waktu pemulihan kembali yang diinginkan. Waktu, banyanya kompresi, dan lokasi kompresi merupakan tiga parameter penting yang mempersulit pembuatan rancangan sepatu. Misalnya, perbedaan jarak perlombaan lari membutuhkan perubahan khusus. Seorang pelari jarak pendek kebanyakan berlari pada bola kakinya, sehingga lebih banyak bantalan yang dibutuhkan dibola kaki dari pada di tumit atau di tengah kaki. Pelari jarak menengah berlari menggunakan bagian pertengahan sampai jari kaki (atau berlari menggunakan tumit sampai ujung jari yang kurang efisien), yang membutuhkan lebih banyak gaya pegas dari tumit sampai bagian tengah kaki. Rancangan sepatu telah diperbaiki tetapi tetap saja terbuka peluang perbaikan.


Olympus Editor. “Running Shoes.” Newsweek (July 27,1992): 58

0 komentar:

Posting Komentar