Halaman

follower : pengikut : melui

Rabu, 26 Juni 2013

Partikel-Partikel Subatom : Inilah yang Berada di Dalam Atom


Atom adalah bagian terkecil dari suatu materi tertentu. Selama beberapa waktu , atom diakui sebagai bagian terkecil dari suatu materi. Namun, pada akhit abad kesemmbilan belas dan awal abad kedua puluh, para ilmuan menemukan bahwa atom tesusun oleh partikel-partikel subatom tertentu dan tidak tetgantung oleh jenis unsurnya. Semua atom terbentuk oleh partikel-partikel subatom yang sama dan satu-satunya hal yang membedakan adalah jumlah partikel subatomnya.
Saat ini para ilmuwan telah mengenal ada banyak partikel subatom, tetapi untuk memahami kimia dengan baik kamu hanya perlu memerhatikan tiga partikel subatom utama berikut :
Proton Neotron Elektron
Tiga patikel subatom utama
Nama
Lambang
Muatan
Massa (g)
Massa (amu)
Lokasi
Proton
p+
+1
1,673 x 10-24
1
Inti atom
Neutron
n0
0
1,675 x 10-24
1
Inti atom
Elektron
e-
-1
9,109 x 10-28
0,0005
Di luar inti atom

Massa partikel subatom disajikan dengan dua satuan yaitu gram dan amu. Amu singkatan dari atomic mass unit. Menyatakan massa dalam satuan amu lebih mudah daripada menggunakan satuan gram.
Satuan massa atom berdasarkan pada sesuatu yang disebut skala karbon-12, suatu standar dunia yang telah digunakan untuk menyetarakan berat atom. Menurut persetujuan internasional, atom karbon yang mengandung 6 proton dan 6 neutron memiliki berat atom tepat sama dengan 12 amu, jadi satu amu adalah dari massa atom karbon ini. Saya mengetahui apa hubungan antara atom-atom karbon dan nomor 12 dengan sesuatu? Percayalah kepada saya, karena massa proton dan neutron dalam gram hampir tepat sama, kedua proton dan neutron dikatakan memiliki massa proton dan neutron. Perhatikanlah bahwa massa elektron jauh lebih kecil daripada massa proton dan neutron. Diperlukan hampir 2000 elektron untuk memperoleh massa yang sama dengan massa satu proton.
Materi dapat bermuatan positif atau negatif. Materi yang bermuatan listrik hanya dapat memiliki salah satu dari kedua muatan tersebut. Proton hanya dapat memiliki satu muatan positif elektron membawa satu muatan negatif, dan neutron tidak memiliki muatan atau netral.
Melalui suatu pengamatan, ilmuan telah menemukan bahwa benda-benda  yang bermuatan sama, baik positif maupun negatif akan saling menolak dan benda yang tidak sama muatannya akan saling tarik menarik.
Atom sendiri tidak bermuatan atau bersifat netral. Jadi bagaimana mungkin suatu atom bersifat jika atom tersebut mempunyai protonyang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif? Ini adalah pertanyaan yang bagus.jawabannya adalah karena jumlah proton dan elektronnya sama di dalam atom yaitu jumlah muatan positif dan negatifnya sama sehingga saling meniadakan.
Kolom terakhir pada tabel tersebut mencantumkan lokasi ketiga partikel subatom. Proton dan neutron terdapat di inti , yaitu suatu pusat padatan yang berada ditengan atom, sedangkan elektron berada diluar inti.


0 komentar:

Posting Komentar