Halaman

follower : pengikut : melui

Kamis, 27 Juni 2013

Bakteri dan Virus

Bakteri adalah mikroorganisme, sedangkan virus adalah unit kimiawi. Ada beberapa jenis bakteri dan virus yang disebut patogen, yang dapat masuk ke dalam tubuh manusia dan menimbulkan penyakit.




Bakteri adalah microorganisme bersel tunggal yang struktur tubuhnya jauh lebih sederhana dibandingkan dengan sel penyusun tubuh hewan dan tumbuhan. Bakteri dijumpai di hampir semua tempat. Mereka berkembang biak di dalam tanah, di udara, bahkan di sistem pencernaan kita. Sebagian besar bakteri tergolong microorganisme tidak membahayakan. Namun beberapa jenis bakteri yang tergolong patogen dapat menimbulkan penyakit.

Menurut bentuknya bateri patogen terbagi menjadi tiga kelompok. Bakteri kokus berbentuk bulat dan dapat mengakibatkan tenggorokan serak, bisul dan pneumonia. Bakteri basilus berbentuk batang memanjang, menyebabkan tifus dan salmonela. Bakteri spirokaeta berbentuk spiral dan mengakibatkan lyme dan sifilis.

Bakteri menyusup ke dalam tubuh melalui berbagai cara: percikan air yang dihirup dari udara, luka dikulit, air atau makanan yang ditelan, dan sistem reproduksi ketika berhubungan  badan. Ketika bakteri berhasil masuk ke dalam tubuh, bakteri makan, membelah, dan melepaskan zat-zat racun yang dapat membahayakan sel-sel manusia. Biasanya sistem kekebalan dapat mengenali bakter dan segara membinasakannya. Infeksi juga dapat diobati dengan antibiotik. Infeksi bakteri dapat dicegah dengan imunisasi, menjaga kebersihan, termasuk air minum, dan membersihkan luka termasuk antiseptik.

Bakteri tergolong organisme prokariota (bersel sederhana). Tidak seperti eukariota (bersel kompleks), prokariota tidak memiliki nukleus atau organel-organel lain. Bakteri dilapisi oleh dinding sel dan kapsul luar pelindung. Bakteri yang berbentuk batang, atau baksil (basilus). Bagian atas  bagian atas dilapisi benang-benang tipis yang disebut villi. Villi digunakan untuk melekatakan tubuh bakteri ke makanan atau sel – sel lain



Virus

Virus dapat memicu berbagai penyakit, seperti herpes, flu, campak, dan gondok. Virus adalah suatu unit kimiawi yang memuat untaian materi genetik berupa DNA dan RNA, dan dilindungi oleh selubung protein. Untuk berkembang biak virus menyusup ke sel inang atau ketika sistem kekebalan menyerang balik sehingga mengakibatkan keletihan, demam, atau bahkan mengakibatkan kerusakan jaringan parah.


Sebagian besar jenis virus dapat ditangani oleh sistem kekebalan dan menimbulkan gejala sakit. Beberapa infeksi seperti seperti herpes, menyembunyikan virus laten di dalam tubuh, dan memunculkan gejala penyakit secara berkala. Beberapa infeksi virus dapat dicegah dengan dengan imunisasi, walaupun pada umumnya sulit ditanggulangi oleh obat. Antibiotik tidak efektif sama sekali. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus, virus penurunan kekebalan tubuh atau HIV (human immunodeficiency virus), menyerang sistem kekelan manusia. Pada saat yang tapat, infeksi menyerang tubuh yang tidak kebal, memicu sindrom penurunan kekebalan tubuh atau  AIDS (acquired immunodeficiecy syndrome). Sampai saat ini, obat yang dapat mengatasi HIV belum ditemukan

0 komentar:

Posting Komentar