Halaman

follower : pengikut : melui

Selasa, 19 Februari 2013

Mengurangi, Menggunakan kembali, Mendaur Ulang - Plastik

Plastik pada dasarnya mempunyai waktu hidup yang tak terbatas. tidak ada di alam ini yang dapat memunahkannya. Jika kamu mengubur piring plastik, mangkuk styrofoam, atau popok sekali pakai di tempat pembuangan sampah dan menggalinya sepuluh tahun kemudian, tetap tidak akan ada perubahan. Bahkan kamu dapat menggalinya seratus tahun kemudian dan hasilnya akan tetap sama. Sampah yang mengandung plastik akan tetap ada bersama kita dalam waktu yang lama.

 Beberapa plastik dapat terbakar sebagai bahan bakar karena mempunyai kandungan panas yang tinggi, namun plastik sering menghasilkan gas bercun atau korosif. Masyarakat dapat mengurangi ketergantungan terhadap plastik sampai pada tingkat tertentu. Penggunaan kotak hamburger dari kardus dan bahan pengepakan barang kiriman dari selulosa bukan dari styrofoam membantu, tetapi jawaban terbaik sampai saat ini adalah proses daur ulang.

Polomer termoplastik dapat dilelehkan dan dibentuk ulang. Tetapi untuk melakukan ini, plastik harus dipisahkan menjadi berbagai komponennya. Sebagian besar wadah plastik mempunyai simbol di bagian bawahnya yang menunjukkan jenis plastik apakah yang digunakan untuk membuat wadah tersebut.

Para pendaur ulang dapat menggunakan simbol ini untuk memisahkan plastik menjadi berbagai kategori untuk memudahkan daur ulang.

 

 

 

 

 

 

 

 

1. PET (polietilena tereftalat)

2. HDPE (polietilena densitas tinggi)

3. PVC (polivinil klorida)

4. LDPE (polietilena densitas rendah)

5. PP (polipropilena)

6. PS (polisterena)

7. Lain - lain

 

Botol PET dan botol susu HDPR mungkin merupakan plastik yang paling sering didaur ulang. tetapi masalah utamanya bukan pada kimia yang terlibat pada proses daur ulang. Masalah utamanya adalah mendorong setiap orang, keluarga, dan dunia usaha untuk mendaur ulang dan mengembangkan suatu cara yang mudah untuk mengumpulkan dan mengelompokkan plastik untuk disaur ulang. Polimer ini terlalu berharga sebagai sumber yang hanya dipendam di tempat pembuangan sampah.

 

thanks to : Kimia for Dummies

0 komentar:

Posting Komentar