Halaman

follower : pengikut : melui

Jumat, 19 Juli 2013

Yang Mana Pensilmu?






Perhatikan jenis pensil Anda, termasuk pensil HB, 2B, 4B, atau 6B. Tahukah Anda, apa perbedaan jenis tersebut ? Untuk mengetahuinya, tuliskan nama Anda pada secarik kertas menggunakan pensil yang berbeda jenisnya. Adakah perbedaannya ?

Campuran karbon dan lempung merupakan bagian berwarna hitam yang terletak di bagian tengah sebatang pensil. Kadar karbon dan lempung dalam campuran ini sangat memengaruhi intensitas warna dan tingkat kekerasan mata pensil. Kadar karbon yang tinggi menghasilkan mata pensil yang lunak dan tulisan yang hitam. Dan sebaliknya, kadar lempung yang tinggi menyebabkan mata pensil keras dan tulisan yang dihasilkan pun kurang hitam.

Kode B (black) pada pensil menunjukkan pensil tersebut mengandung karbon lebih banyak dibandingkan lempungnya. Adapun H (Hard) menunjukkan kadar lempung lebih banyak daripada karbon. Pensil dengan kode HB, berarti kandungan karbonnya seimbang dengan kadar lempung. Pensil 2B, 4B, dan 6B, berturut-turut menunjukkan kandungan karbon yang semakin meningkat.

0 komentar:

Posting Komentar