Halaman

follower : pengikut : melui

Selasa, 05 Maret 2013

Pendingan Air Panas Dan Air Dingin



Dua ember kayu yang sama (tanpa tutup) diletakkan di luar ruangan ketika udara sangat dingin. Ember A berisi air panas dan B berisi air dingin dalam jumlah yang sama. Ember manakah yang membeku terlenih dahulu? 

Di bawah kondisi tertentu , air panas akan mendingin lebih cepat daripada air dingin, dan bahkan air tersebut mulai membeku lebih dahulu. Pertama, perhatikan bahwa ember yang digunakan tidak mempunyai tutup , dan ingat bahwa kayu adalah koduktor termal yang sangat buruk. argumen berikut akan berlaku untuk ember kayu, bukan ember yang terbuat dari bahan konduktor termal yang baik. Pengaruh pendinginan yang utama merupakan evaporasi cepat dari permukaan air panas, diikuti oleh campuran yang signifikan antara air panas dan air yang lebih dingin, dari bagian atas sampai bagian bawah ember. evaporasi dan konveksi menghasilkan perpindahan energi termal dengan kecepatan tinggi ke lingkungan sekitarnya jika suhu awalnya cukup tinggi. Untuk ember-ember kayu ini, kecepatan perpindahan energi termal ini jauh lebih cepat dari kecepatan perpindahan panas yang dilakukan dengan prosees konduksi melalui dinding kayu ember. bahkan air panas dalam ember kayu akan berevaporasi sampai 26% dan menyisakan sedikit air untuk membeku. Seperti dinyatakan sebelumnya, massa yang hilang dalam proses pendinginan yang disebabkan oleh evaporasi cukup besar. contonya pendinginan air dari suhu 100 c sampai 0 c akan mengurangi 16% massanya, dan 12% lainya akan hilang dalam pembekuan. total massa yang hilang adalah 16% + 12% x (100-16) = 26%.
 Paradoks pendinginan air panas yang cepat ini telah dilaporkan oleh Francis Bacon dalam buku Novum Organum (1620). di daerah-daerah yang mengalami musim dingin yang panjang seperti kanada dan skandinavia, hal ini sudah menjadi bagian dari sehari-hari. misalnya, mobil tidak boleh dicuci dengan air panas karena air tersebut akan membeku di atas mobil lebih cepat dari pada air dingin. gelanggang es sebaiknya disiram dengan air panas karena akan membeku dengan lebih cepat dingin.

0 komentar:

Posting Komentar