Halaman

follower : pengikut : melui

Rabu, 13 Maret 2013

HIDROGEN


Hidrogen merupakan unsur yang paling ringan dan yang paling sering dijumpai diseluruh alam semesta. matahari dan bintang-bintang terbuat dari gas hidrogen, tetapi di bumi, hidrogen hanya ditemukan dalam senyawa dan tidak ditemukan secara alami sebagai unsur bebas (berdiri sendiri).

HIDROGEN YANG REAKTIF
Hidrogen sangat reaktif. unsur ini mudah terbakar dan beraksi dengan banyak unsur lain. sebagai contoh, air, senyawa yang paling banyak dijumpai di bumi, terbuat dari hidrogen dan oksigen. bahan bakar fosil, seperti batu bara dan minyak bumi, merupakan senyawa-senyawa hidrogen dan karbon, gula dan tepung juga mengandung hidrogen. Membuat Hidrogen Hidrogen (H2) dapat dibuat dengan mereakasikan gas metana (CH4) dengan uap air H2O seperti yang ditunjukkan persamaan berikut : CH4 + 2H2O ====> 4H2 + CO2 kebanyakan hidrogen yang dibuat dengan cara ini digunakan untuk membuat amonia (NH3) untuk pupuk. Untuk membuat amonia , hidrogen direaksikan dengan nitrogen menggunakan proses Haber, yang ditemukan oleh Fritz Haber pada tahun 1909.

PROSES HABER
Dalam proses Haber, gas nitrogen dari udara dan hidrogen yang diambil dari metana (CH4) dialirkan melewati katalisator* besi. pada tekanan yang sangat tinggi dan pada suhu tinggi, gas-gas tersebut bereaksi membentuk gas amonia (NH3). Amonia tersebut didinginkan untuk membentuk amonia cair. 3H2 + N2 <====> 2NH3 Membakar hidrogen Apabila dicampur dengan udara dan dinyalakan, hidrogen akan meledak. Ini dapat digunakan sebagai uji dalam laboratorium untuk gas dalm jumlah kecil. Jika gasnya hidrogen, akan dihasilkan suara letupan kecil. Jika hidrogen murni (H2) dibakar dalam udara atau oksigen (O2) hidrogen tersebut terbakar tanpa letupan menghasilkan nyala biru dan uap air, seperti yang ditunjukkan persamaan berikut : 2H2 + O2 ? 2H2O Menurut teori, hidrogen merupakan bahan bakar ideal karena menghasilkan banyak energi ketika terbakar dan hanya menghasilkan air sebagai produk, yang bukan merupakan pencemar. Tetapi saat ini hidrogen tak cocol sebagai bahan bakar sehari-hari karena sulit disimpan dan dipindahkan secara aman. Bahan Bakar Roket Hidrogen cair digunakan sebagai bahan bakar untuk roket. Supaya bahan bakar bakar dapat terbakar diluar angkasa, tempat yang tak mengandung oksigen, roket-roket juga membawa tangki-tangki oksigen yang terpisah. Hidrogen dan oksigen cair dimasukkan ke dalam ruang pembakaran agar terbakar secara aman.

0 komentar:

Posting Komentar