Halaman

follower : pengikut : melui

Selasa, 05 Maret 2013

Karbon

Karbon merupakan unsur nonlogam padat yang ditemukan dalam semua makhluk hidup. Karbon terdapat sebagai unsur bebas (berdiri sendiri) terutama dalam bentuk intan yang keras, tak berwarna, dan grafit hitam.
Bentuk-bentuk karbon
Atom-atom karbon dapat membentuk ikatan satu sama lain dengan berbagai cara. Bentuk-bentuk ikatan yang berbeda ini disebut alotrop. Alotrop mengandung jenis atom yang sama, tetapi terikat bersama dengan cara yang berbeda. Karbon memiliki tiga alotrop utama-intan, grafit, dan buckminsterfullerene.

Intan 

Dalam intan, masing-masing atom karbon diikat oleh empat atom lain. Ini membuat intan sangat keras-inta merupakan zat terkeras yang terdapat dialam. Intan terbentuk secara alami sebagai kristal-kristal tetrahedral (berisi empat)
Struktur kristal intan berkilau terang, dan intan berharga karena keindahannya. Intan dapat memiliki berbagai warna. Intan yang paling murni tembus pandang dan digunakan untuk membuat perhiasan.
Jenis-Jenis Intan
Jenis-jenis intan yang tidak murni seperti karbonado (juga disebut intan hitam) berharga dalam industri kerena kekerasannya. Karbonado digunakan dalam alat-alat pemotong dan pengebor, juga dalam beberapa jam tangan yang sangat akurat.
Intan-intan yang terjadi secara alami ditambang dari dalam bumi, tetapi intan juga dapat dibuat. Intan-intan sintesis ini dibuat dengan mencampurkan grafit dengan katalisator* dan dikenanakan panas dan tekanan yang tinggi.
 
Grafit
 
Dalam grafit (kadang-kadang disebut plumbago), masing-masing atom terikat dengan tiga atom lainnya. Tersusun dalam jaringan plat-plat yang menyerupai sarang lebah yang dengan mudah tergeser di atas satu sama lain. Ini membuat grafit lunak dan mudah pecah. Jaringan plat ini disatukan oleh gaya-gaya lemah.

0 komentar:

Posting Komentar